Rabu, 04 Agustus 2010

BlankOn 6.0 (Ombilin)

Dah pernah dengar nama blankon? pastinya udah dong. itu lho penutup kepala orang jawa ntu.
nah kalo Ombilin? Ombilin adalah nama suatu daerah di Sumatera Barat tempat PLTU Ombilin, Prasasti Ombilin, Tambang Batubara. Sungai Ombili yang berhulu sungai di Danau Singkarak.
Nah lo? emang Orang Ombilin pake Blankon Juga?
BlankOn Ombilin (BlankOn 6.0) merupakan versi terbaru distribusi BlankOn. BlankOn merupakan distro linux turunan Ubuntu khas Indonesia yang dikembangkan Yayasan Penggerak Linux Indonesia. jadi untuk nama versinya pun menggunakan nama khas Indonesia. bahkan tema dan bahasa pada menu nya pun menggunakan Bahasa Persatuan.

Tampilannya sederhana tapi menarik. itulah kesan pertama yang saya dapat ketika menggunakan distro ini. aplikasi yang dibawanya pun boleh di bilang sangat lengkap. dan aplikasi lain yang mendukung untuk distro ini juga sangat banyak tersebar di dunia maya. untuk lebih lengkapnya mengenai aplikasi yang disertakannya bisa anda lihat di situs resmi BlankOn linux.
Untuk menggunakannya, anda tidak harus memasangnya pada komputer anda karena distro ini juga bersifat LiveCD. jadi anda bisa uji dulu secara live. setelah itu baru lah keputusan nya ada di tangan anda. apakah akan menggunakan ini pada komputer anda ato forget it. ato mungkin ada ingin meninstall nya tapi ngak mau "JENDELA" ada di bongkar. anda dapat memasang nya pada partisi yang berbeda di harddisk anda dengan sistem Dual boot.

Untuk mendapatkan Distro ini. anda bisa download di link ini. Selamat menikmati

1 komentar:

  1. Om...? blankon sudah mendukung vga sis belum? soalnya dulu aku pernah nginstal unbuntu 10.10 di axioo mnv p315 eeh ternyata resolusi yang saya dpt max 800x600.

    BalasHapus

Situs Download Ebook dan Artikel

Berikut link situs download ebook Z-Library. The world's largest ebook library. PDF Drive - Search and download PDF files for free. Libr...